Tentang SMK Negeri 4 Pekanbaru
Sambutan Kepala Sekolah
Djunaidi, M.Pd.
Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam penyediaan tenaga kerja trampil pada dunia kerja. Dalam hal ini dunia pendidikan, khususnya SMK Negeri 4 Pekanbaru mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan teknologi. — Djunaidi, M.Pd. —
Pimpinan Kampus
Djunaidi, M.Pd.
Kepala Sekolah
Finerson
Kepala Tata Usaha
Drs. Ahmad Husaini, M.Pd.
Wakasek Bidang Kurikulum
Drs. Bambang Sungkowo, M.Ds.
Wakasek Bidang Kesiswaan
Puspita Sari, S, Kom., M. Tr. Kom
Wakasek Bidang Humas
Muanam Suroto, S.T.
Wakasek Bidang Sarana Prasarana
Sejarah Singkat
Pada tahun 1994 awal berdirinya, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) sebagai sekolah negeri kelompok seni dan kerajinan yang beralamat di Jalan Purwodadi – Panam. Pada tanggal 25 Oktober 2000, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengubah nama dan status SMIK Pekanbaru menjadi SMK Negeri 4 Pekanbaru hingga sekarang.
Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
- Tahun 1994 dipimpin oleh Bapak MARZUKI, BA.
- Tahun 1995 dipimpin oleh Bapak SYAHRIL, S.Pd.
- Tahun 1999 dipimpin oleh Bapak Drs. ALMAN
- Tahun 2008 dipimpin oleh Ibu Dra. SUDARTI, M.M.
- Tahun 2016 dipimpin oleh Bapak Drs. DWI BOWO SUKMONO, M.M.
- Tahun 2018 dipimpin oleh Bapak ZULFIKAR, S.Pd, M.M.Â
- Tahun 2024 dipimpin oleh Bapak DJUNAIDI, M.Pd. sampai sekarang.
Marzuki, BA.
1994 s.d 1995
Syahril, S.Pd.
1995 s.d 1999
Drs. Alman
1999 s.d 2008
Dra. Sudarti, M.M.
2008 s.d 2016
Drs. Dwi Bowo Sukmono, M.M.
2016 s.d 2018
Zulfikar, S.Pd., M.M.
2018 s.d 2024
Djunaidi, M.Pd.
2024
Visi
Mewujudkan SMK Negeri 4 Pekanbaru Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Terpadu yang Kreatif, Terdepan dan Teruji Serta Berbudaya Lingkungan.
Misi
- Meningkatkan kualitas layanan pendidikan, pengajaran dan pelatihan.
- Mengembangkan kompetensi peserta diklat sesuai dengan bakat dan minatnya.
- Mengintegrasikan materi PLH dalam materi pelajaran.
- Melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar yang ramah lingkungan.
- Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
Menghasilkan tamatan dan calon tenaga kerja yang kompeten, jujur, disiplin, mandiri dan bertanggung jawab - Memiliki jiwa interpeneur, mampu berkompetisi di era global serta peduli lingkungan.
Tujuan
- Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten, mandiri dan bertanggung jawab serta peduli lingkungan.
- Menyiapkan peserta didik untuk mengisi dan atau menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan perkembangan dunia usaha dan dunia industri.
- Menyiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
Komite Sekolah
Setelah diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah.
Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Komite SMK Negeri 4 Pekanbaru di ketuai oleh bapak Iskandar Halim, SH.