Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru
(PPDB) Online 2024-2025

Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah mengeluarkan Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk SMA dan SMK di Provinsi Riau tahun ajaran 2024/2025 yang akan segera dibuka pada awal pertengahan bulan Juni tahun ini, diharapkan kepada calon peserta didik agar dapat menentukan pilihan sekolah dan jurusan akan dituju dengan seksama, sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. 

Bagi calon peserta didik yang ingin mendaftar PPDB SMA SMK Riau 2024, dihimbau untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan pastikan anda membaca dan memahami syarat dan alur yang telah ditentukan dengan seksama serta melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Jadwal Pelaksanaan

NoWaktuKegiatan
102 s.d 03 Mei 2024Pembentukan Panitia Pada Tingakat Satuan Pendidikan
202 Mei s.d 20 Juni 2024Sosialisasi ditingkat Sekolah
310 s.d 15 Juni 2024Sosialisasi Aplikasi PPDB
418 s.d 20 Juni 2024Simulasi Aplikasi PPDB
521 s.d 24 Juni 2024(Pra Pendaftaran) Mulai Aktivasi Akun, Input dan Upload Dokumen
624 s.d 29 Juni 2024 (Jam 13:00)(Pendaftaran) Pemilihan Sekolah SMAN & SMKN
724 s.d 29 Juni 2024 (Jam 23:59)Verifikasi oleh Satuan Pendidikan
830 Juni 2024Seleksi & Rekonsiliasi sesuai dengan jalur pendaftaran SMAN & SMKN
901 Juli 2024 (Jam 15:00)Pengumuman penetapan peserta didik baru SMAN & SMKN
1002 s.d 04 Juli 2024(Pendaftaran) Pemilihan Sekolah Swasta Jalur Afirmasi
1102 s.d 05 Juli 2024Verifikasi oleh Satuan Pendidikan Swasta Jalur Afirmasi
1206 Juli 2024 (Jam 09:00)Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru SMA & SMK Swasta Jalur Afirmasi
1306 s.d 08 Juli 2024Daftar Ulang Peserta Didik yang berhasil Lulus Seleksi Pendaftaran
1409 Juli 2024Hari Pertama Masuk Sekolah dan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Alur Pendaftaran

  1. Penyiapan berkas umum dan sesuai kelompok seleksi
  2. Akses laman PPDB Online Disdik Provinsi Riau dengan laman https://ppdb.riau.go.id
  3. Pra Pendaftaran
  4. Pendaftaran – Pemilihan Sekolah 
  5. Verifikasi berkas dan dokumen sesuai kelompok seleksi oleh sekolah 24 s.d 29 juni 2024 jam 23:59 WIB, lalu cetak bukti pendaftaran
  6. Seleksi dan rekonsiliasi sesuai dengan jalur pendaftaran tanggal 30 juni 2024
  7. Pengumuman penetapan peserta didik baru 01 Juli 2024 jam 15:00 WIB
  8. Jika Lulus, daftar ulang tanggal 02 s.d 05 juli 2024, jika tidak lulus :
    • Pendaftaran pemilihan sekolah swasta jalur afirmasi, memilih 2 sekolah SMAS dan SMKS secara bersamaan 02 s.d 04 juli 2024
    • Verifikasi oleh sekolah swasta tanggal 02 s.d 05 juli 2024 jam 15:00, lalu Cetak Bukti Pendaftaran
    • Pengumuman penetapan peserta didik baru SMA dan SMK Swasta jalur afirmasi tanggal 06 juli 2024 jam 09:00 WIB

Pilihan Pendaftaran

Maksimal 3 kali memilih pendaftaran dengan ketentuan :

  1. Pada 1 sekolah melalui kelompok afirmasi, kelompok tempatan dan kelompok reguler.
  2. Jika calon peserta didik keluar dari pemeringkatan sub kelompok pilihan sekolah yang pernah dipilih: calon peserta didik dapat kembali melakukan pemilihan pada sub kelompok berbeda di sekolah yang sama dengan program keahlian yang sama atau program keahlian berbeda dan atau perserta didik boleh memilih kembali di sub kelompok yang sama pada program keahlian  berbeda dan atau program keahlian yang sama di sekolah berbeda.
  3. Calon perserta didik dapat memilih progran keahlian yang ada pada satuan pendidikan SMK tersebut sebanyak 1 pilihan dalam sekali pendaftaran.

Jalur dan Kuota

Kelompok Tempatan (5%)
  1. Jarak terdekat dari rumah ke sekolah.
  2. Kartu Keluarga (KK) minimal 2 (dua) tahun.
Kelompok Afirmasi (15%)
  1. Jarak terdekat dari rumah ke sekolah.
  2. Kartu keluarga (KK) minimal 2 (Dua) tahun.
  3. Keluarga tidak mampu dan penyandang disabilitas
Kelompok Reguler (80%)
  1. Nilai rapor reguler sekolah + pindah orang tua (60%).
  2. Prestasi akademik dan non akademik (10%).
  3. Prestasi tahfizh qur’an (8%).
  4. Prestasi tingkat internasional (2%).

Persyaratan Utama

Persyaratan yang digunakan untuk semua jalur/kelompok pendaftaran, dapat dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran

1. Ijazah / SKL SMP Sederajat

Scan/hasil pindai (asli) Ijazah SMP/sederajat atau Surat Keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/ijazah satuan pendidikan luar yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP Tamatan 3 (tiga) Tahun terakhir

2. Nilai Rata-Rata Rapor Semester I-V

Scan/hasil pindai (asli) Surat keterangan rata-rata nilai Rapor semester I-V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan

3. Akta Kelahiran

Scan/hasil pindai (asli) Akta Kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada 1 Juli 2024 (tahun berjalan)

4. Kartu Keluarga

Scan/hasil pindai (asli) Kartu Keluarga (KK) minimal 2 (dua) tahun terakhir terhitung 01 Juli 2022 khusus untuk
[SMA] Jalur Zonasi & Jalur Afirmasi dan [SMK] Kelompok Tempatan & Kelompok Afirmasi
(jika terdapat perubahan data KK, maka KK lama harus ikut dilampirkan)

5. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Materai 10.000

Scan/hasil pindai (asli) Surat pernyataan keabsahan dokumen menggunakan materai 10.000

*Download file surat keterangan rata-rata rapor klik disini
*Download file surat pernyataan keabsahan dokumen klik disini

Persyaratan Tambahan Berdasarkan Kelompok

Persyaratan tambahan yang dibutuhkan oleh kelompok pendaftaran

1. Kelompok Tempatan

Tidak ada persyaratan tambahan

2. Kelompok Reguler – Nilai Rata-Rata Rapor

Tidak ada persyaratan tambahan

3. Kelompok Reguler – Akademik/Non-Akademik

  1. Sertifikat/Piagam/Penghargaan Akademik atau Non-Akademik

4. Kelompok Reguler – Tahfizh Qur’an

  1. Sertifikat/Piagam Tahfizh

5. Kelompok Reguler – Akademik/Non-Akademik Internasional

  1. Sertifikat Internasional

6. Kelompok Afirmasi – Ekonomi Tidak Mampu / Disabilitas

  1. Bukti Keluarga Ekonomi Tidak Mampu atau Surat Keterangan Penyandang Disabilitas

Beberapa Pertanyaan yang Sering Di Ajukan (FAQ)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2023-2024 Tidak di Pungut Biaya Apapun (GRATIS).

Batas usia calon peserta didik saat mendaftar paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2023 (Berjalan).

Jika anda mengalami kendala sebagai berikut :

1. Lupa Password/Reset Password
2. Belum Aktivasi Akun
3. Data tidak benar (NPSN/NISN/tgl Lahir)

Silahkan datang ke bagian Informasi di SMK Negeri 4 Pekanbaru

Bisa, Memiliki Kartu Keluarga (KK) diwilayah kota Pekanbaru dengan usia KK sesuai dengan ketentuan kelompok daftar yang dipilih.

Tidak bisa, Surat Keterangan Domisili hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang terkena bencana alam dan bencana sosial.

Tidak Bisa, KK Harus Kota Pekanbaru, kecuali daerah yang beririsan dengan SMKN 4 Pekanbaru Bisa mendaftar.

Daerah yang Irisan untuk SMKN 4 Pekanbaru adalah Kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu Kab. Kampar. Calon Peserta Didik yang tinggal di daerah tersebut dapat mendaftar di SMKN 4 Pekanbaru dengan memilih Kelompok Reguler atau Kelompok Afirmasi.

Ya ! Tentu Saja Bisa dengan tetap memenuhi persyaratan pendafataran seperti scan/pindai file dokumen Asli SuratKeterangan rata rata rapor dan lainnya.

NPSN Sekolah Asal dan NISN siswa bisa dilihat pada SKL, jika tidak ditemukan pada SKL, silahkan cek secara online pada laman web berikut :

NISN : DISINI 
NPSN : DISINI 

Layanan Informasi & Pengaduan

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi panitia PPDB SMK Negeri 4 Pekanbaru berikut;

  1. Layanan Informasi dan Pengaduan : 085365254574 (Telepon) 
    Layanan informasi dan pertanyaan PPDB SMKN 4 Pekanbaru.
  2. Layanan Kendala terkait teknis dan pelaksanaan : 085179943576 (Telepon/Whatsapp)
    Layanan kendala seperti lupa password/reset password, login gagal/belum aktivasi akun, data tidak ditemukan, data tidak benar dan lainnya seputar teknis dan pelaksanaan. 
Scroll to Top