Informasi Penerimaan
Peserta Didik Baru
(PPDB) Online 2023-2024

Pra-pendaftaran 22 – 26 Mei 2023
Pendaftaran 29 – 12 Juni 2023

Jadwal Pelaksanaan

NoTanggalKegiatan
102 s.d 04 Mei 2023Pembentukan Panitia Pada Tingakat Satuan Pendidikan
208 s.d 16 Mei 2023Sosialisasi Aplikasi PPDB
317 s.d 20 Mei 2023Sosialisasi ke Masyarakat
422 s.d 26 Mei 2023Pra Pendaftaran/ Input dan Upload Dokumen
529 Mei s.d 12 Juni 2023Pendaftaran/ Pemilihan Sekolah
629 Mei s.d 26 Juni 2023Verifikasi oleh Satuan Pendidikan
727 s.d 30 Juni 2023Seleksi Sesuai Kelompok Pendaftaran
801 Juli 2023Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru
910 s.d 12 Juli 2023Daftar Ulang Peserta Didik yang berhasil Lulus Seleksi Pendaftaran
1013 Juli 2023Hari Pertama Masuk Sekolah dan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Ketentuan Pendaftaran

  1. Pendaftaran, Seleksi hingga Pengumuman Hasil Seleksi Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022-2023 dilaksanakan secara Online Real Time melalui laman https://ppdb.riau.go.id/
  2. Proses penerimaan peserta didik baru dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu:
    • Pra Pendaftaran, yaitu tahap upload file dokumen persyaratan umum mulai dari tanggal 22 s.d 26 Mei 2023.
    • Tahap Pendaftaran, yaitu proses pemilihan sekolah, kelompok pendaftaran dan kompetensi keahlian, serta upload file dokumen persyaratan khusus sesuai kelompok pendaftaran mulai dari tanggal 29 Mei s.d 12 Juni 2023.
  3. Khusus untuk daerah beririsan dengan kabupaten/kota dan provinsi dapat melakukan pendaftaran pada sekolah diwilayah yang beririsan hanya untuk kelompok Reguler dan Kelompok Afirmasi. Daerah Irisan untuk SMKN 4 Pekanbaru adalah Kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
  4. Calon Peserta Didik SMKN dapat diberi kesempatan maksimal 3 (tiga) kali mendaftar dengan ketentuan sebagai berikut ;
    a. Pada 1 (satu) satuan pendidikan melalui Kelompok Tempatan, Kelompok Afirmasi, Kelompok Reguler dan Kelompok Perpindahan Orang Tua.
    b. Jika calon peserta didik keluar dari pemeringkatan pada kesempatan sebelumnya maka calon peserta didik dibolehkan kembali mendaftar di sub kelompok yang berberda pada sekolah yang sama dan atau di sub kelompok yang sama di sekolah yang berbeda.
    c. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) kompetensi keahlian yang ada pada satuan pendidikan SMKN tersebut dalam sekali pendaftaran.
  5. Calon peserta didik yang sudah mendaftar/dalam ranking pada satuan pendidikan SMAN tidak dapat mendaftar di SMKN atau sebaliknya.
  6. Waktu pendaftaran dapat dilakukan secara daring selama 24 Jam sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
  7. Selama masih berada dalam pemeringkatan sistem, calon peserta didik tidak bisa mengundurkan diri.
  8. Verifikasi berkas pendaftaran dilakukan oleh satuan pendidikan.
  9. Ketentuan Seleksi Pendaftaran untuk SMKN
    1. Kelompok Tempatan adalah domisili calon peserta didik berada pada jarak terdekat dari sekolah sebanyak 10% (sepuluh persen) dari daya tampung satuan pendidikan.
    2. Kelompok Afirmasi adalah keluarga ekonomi tidak mampu dan atau peserta didik disabilitas yang berada dalam zonasi satuan pendidikan sebanyak 15% (lima belas persen) dari daya tampung satuan pendidikan.
    3. Kelompok Perpindahan Orang Tua calon peserta didik berasal dari TNI, ASN, POLRI, BUMN, BUMD dibuktikan dengan surat perpindahan orang tua. Dan anak guru, tenaga kependidikan baik PNS maupun non PNS hanya dapat memilih sekolah tempat tugas orang tuanya, yang dibuktikan dengan SK penugasan orang tua dan akte kelahiran dengan kuota total 5% (lima persen) dari daya tampung.
    4. Kelompok Reguler Sebanyak 70% (tujuh puluh persen) dari daya tampung satuan pendidikan. Kelompok Reguler bisa dilakukan pada Kab/Kota yang sama dengan satuan pendidikannya, bukan antar Kab/Kota dan atau Provinsi. Kelompok Reguler sebagaimana yang dimaksud meliputi:
      • Nilai Reguler Sekolah sebanyak kuota 50% (lima puluh persen) adalah nilai rapor peserta didik dari semester 1 s.d 5.
      • Prestasi Akademik dan Non Akademik sebanyak kuota 10% (sepuluh persen) adalah hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik dan atau non akademik perorangan yang tertinggi tingkatannya. Hasil perlombaan/penghargaan Perorangan di bidang KSN, KOSN, FLS2N, KOPSI, Olahraga dibawah Induk Organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)/Kemdikbud dan Seni, baik pada tingkat Internasional, Nasional, Provinsi dan /atau Kabupaten/Kota.
      • Prestasi Hafiz Qur’an dengan kuota 8% (delapan persen) dengan minimal hapalan 2 juzz.
      • Prestasi Akademik dan Non-Akademik Internasional (Khusus Perorangan) dengan kuota 2% (dua persen).
  10. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2023-2024 Tidak di Pungut Biaya Apapun (GRATIS).
  11. Daya Tampung SMKN 4 Pekanbaru berjumlah 14 Rombel yang terdiri dari :
    – Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT) : 2 Rombel
    – Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (KKKR) : 2 Rombel
    – Desain Komunikasi Visual (DKV) : 2 Rombel
    – Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) : 2 Rombel
    – Tata Busana (TB) : 2 Rombel
    – Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) : 1 Rombel
    – Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) : 3 Rombel 

Informasi Kelompok Pendaftaran

Pelajari semua jalur/kelompok pendaftaran yang tersedia pada PPDB tahun ajaran 2023/2024 Provinsi Riau. Informasi jalur/kelompok dapat membantu kamu dalam memilih jalur/kelompok yang tepat agar bisa diterima pada sekolah pilihan.

Jalur adalah penamaan yang digunakan untuk penerimaan peserta didik baru pada SMA. Sedangkan Kelompok digunakan untuk penerimaan peserta didik baru pada SMK.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Utama

Persyaratan yang digunakan untuk semua kelompok pendaftaran, dapat dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran

1. Akta Kelahiran 
Scan/hasil pindai Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada 1 Juli 2023 (tahun berjalan) (Asli)

2. Ijazah/SKL/Surat Keterangan Berpenghargaan Sama Dengan Ijazah SMP
Scan/hasil pindai Ijazah SMP/sederajat/Surat Keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP Tamatan 3 (tiga) Tahun terakhir (Asli)
*Khusus calon peserta didik Lulusan Tahun 2023, dapat menggunakan Suket Rata-Rata Rapor

3.Kartu Keluarga
Scan/hasil pindai Kartu Keluarga (KK) minimal 2 (dua) tahun terakhir terhitung 01 Juli 2021 (Apabila ada perubahan Kartu Keluarga (KK) baru dilampirkan Kartu Keluarga (KK) lama) Khusus Jalur Zonasi, Kelompok Tempatan dan Jalur/Kelompok Afirmasi (Asli)

4.Nilai Rata-Rata Rapor Semester I-V
Scan/hasil pindai Surat Keterangan Nilai Rata-Rata Rapor Semester I-V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan (Asli)

5. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Materai 10.000
Scan/hasil pindai Surat Pernyataan Keabsahan dokumen materai 10.000 (Asli)

*Download file surat keterangan rata-rata rapor klik disini
*Download file surat pernyataan keabsahan dokumen klik disini
 

Persyaratan Tambahan Berdasarkan Kelompok yang dipilih

Persyaratan tambahan yang dibutuhkan oleh kelompok pendaftaran

1.Kelompok Tempatan
Tidak ada persyaratan tambahan

2.Kelompok Reguler
– Nilai Rata-Rata Rapor
Tidak ada persyaratan tambahan

– Akademik/Non-Akademik
Scan/Hasil Pindai Sertifikat/Piagam/Penghargaan Akademik atau Non-Akademik (Asli)

– Akademik/Non-Akademik Internasional
Scan/Hasil Pindai Sertifikat Internasional (Asli)

– Tahfizh Qur’an
Scan/Hasil Pindai Sertifikat/Piagam Tahfizh (Asli)

3.Kelompok Afirmasi 
– Ekonomi Tidak Mampu / Disabilitas
Scan/Hasil Pindai Surat Keterangan Keluarga Tidak Mampu atau Surat Keterangan Penyandang Disabilitas (Asli)

4.Kelompok Perpindahan Orang Tua/Wali
– Pindah Tugas
Scan/Hasil Pindai Surat Penugasan Orang Tua (Asli)

Tata Cara (Moda) Pendaftaran

  • Pra Pendaftaran (22 s.d 26 Mei 2023)
    1. Calon Peserta Didik Scan Dokumen Asli seluruh persyaratan, di scan/pindai dalam bentuk file PDF (*.pdf) dengan ukuran (size) maksimal masing-masing file 2 mb;
    2. Calon Peserta Didik mengunjungi situs https://ppdb.riau.go.id/
    3. Calon Peserta Didik Melakukan Registrasi Akun dengan menggunakan NPSN Sekolah Asal, NISN dan Tanggal Lahir Tekan Tombol Cari.
    4. Muncul Halaman Aktivasi Akun,  
      – Jika data ditemukan, silahkan buat Password dan tekan tombol Simpan dan password berhasil dibuat aktivasi akun berhasil lanjut masuk aplikasi.
      – Jika data tidak ditemukan, maka proses proses registrasi akun harus dilakukan dengan Mengisi Nama, Nama Ibu Kandung, No. Telepon Siswa, No. Telepon Orang Tua, Nama Kabupaten/ Kota Tempat Tinggal Sesuai KK, Kecamatan, Email, Password, Ulang Password serta dokumen pendukung, setelah itu klik tombol simpan, maka akan muncul pemberitahuan Registrasi Akun Berhasil. Langkah Selanjutnya Menghubungi Admin Sekolah atau Mengunjungi Satuan Pendidikan Terdekat untuk melakukan aktivasi akun agar bisa masuk ke aplikasi PPDB Online.
    5. Calon Peserta Masuk ke Aplikasi dengan mengisi NISN dan Password yang telah diaktivasi sebelumnya.
    6. Calon Peserta Didik Mengisi, Mengunggah, Melengkapi Seluruh Dokumen Kelengkapan yang di Persyaratkan,
      – Biodata (Data Pribadi, Data Alamat, Data Orang Tua), 
      – Nilai (Nilai rata-rata Rapor dari Semester 1 s.d 5),
      – Dokumen (Dokumen Persyaratan Utama dan Persyaratan Pendukung)
  • Pendaftaran (29 Mei s.d 12 Juni 2023)
    1. Calon Peserta Didik mengunjungi situs https://ppdb.riau.go.id/
    2. Calon Peserta Didik Login menggunakan Akun yang telah dibuat pada saat Pra Pendaftaran
    3. Calon Peserta Didik Memilih Sekolah, Kelompok Pendaftaran dan Memilih 1 (Satu) Kompetensi Keahlian pada kelompok yang dipilih selanjutnya pilih Simpan dan akan muncul kotak dialog Pilih Ya jika sudah yakin dengan pilihan sekolah, jika pendaftaran belum diselesaikan calon peserta didik masih bisa mengganti pilihan sekolah dengan mengklik tombol Ganti.
    4. Calon Peserta Didik Mengupload file scan Dokumen Asli Persyaratan Tambahan Berdasarkan Kelompok.
    5. Calon Peserta Didik melalukan konfirmasi pendaftaran dengan cara klik simpan pendaftaran hingga muncul kotak pemberitahuan penyimpanan pendaftaran. Jika sudah yakin, centang pada kotak persetujuan, lalu klik simpan, ketika pendaftaran disimpan, calon peserta didik sudah tidak bisa mengubah data apapun hingga hasil verfikasi sudah diterima.
    6. Status Pendaftaran dapat dilihat dan dipantau pada halaman dashboard. 
    7. Hasil Verifikasi ada 3 yaitu : 
       Revisi (Berkas dan atau Input Nilai yang dikirim sebelumnya ada yang harus diperbaiki)
      Diterima (Berkas dan atau Input Nilai yang dikirim sebelumnya dinyatakan diterima)
      – Ditolak (Berkas dan atau Input Nilai yang dikirim sebelumnya tidak sesuai, sudah melakukan revisi dan dihubungi oleh verifikator sekolah, namu masih tidak sesuai maka dinyatakan ditolak)
    8. Siswa yang berkas pendaftarannya ditolak harus memperbaiki berkas tersebut terlebih dahulu, baru bisa mendaftar kembali (selama kesempatan masih ada) 

Beberapa Pertanyaan yang Sering Di Ajukan (FAQ)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2023-2024 Tidak di Pungut Biaya Apapun (GRATIS).

Batas usia calon peserta didik saat mendaftar paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2023 (Berjalan).

Jika anda mengalami kendala sebagai berikut :

1. Lupa Password/Reset Password
2. Belum Aktivasi Akun
3. Data tidak benar (NPSN/NISN/tgl Lahir)

Silahkan datang ke bagian Informasi di SMK Negeri 4 Pekanbaru

Bisa, Memiliki Kartu Keluarga (KK) diwilayah kota Pekanbaru dengan usia KK sesuai dengan ketentuan kelompok daftar yang dipilih.

Tidak bisa, Surat Keterangan Domisili hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang terkena bencana alam dan bencana sosial.

Tidak Bisa, KK Harus Kota Pekanbaru, kecuali daerah yang beririsan dengan SMKN 4 Pekanbaru Bisa mendaftar.

Daerah yang Irisan untuk SMKN 4 Pekanbaru adalah Kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu Kab. Kampar. Calon Peserta Didik yang tinggal di daerah tersebut dapat mendaftar di SMKN 4 Pekanbaru dengan memilih Kelompok Reguler atau Kelompok Afirmasi.

Ya ! Tentu Saja Bisa dengan tetap memenuhi persyaratan pendafataran seperti scan/pindai file dokumen Asli SuratKeterangan rata rata rapor dan lainnya.

NPSN Sekolah Asal dan NISN siswa bisa dilihat pada SKL, jika tidak ditemukan pada SKL, silahkan cek secara online pada laman web berikut :

NISN : DISINI 
NPSN : DISINI 

Layanan Informasi & Pengaduan

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi panitia PPDB SMK N 4 Pekanbaru dengan klik tombol berikut.

Scroll to Top