Informasi Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB) Online
Tahun Pelajaran 2022-2023

Pra-pendaftaran 20 – 25 Juni 2022
Pendaftaran 27 Juni – 01 Juli 2022
Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru 06 Juli 2022
Daftar Ulang 07, 08, 11 Juli 2022

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Nomor Kpts. 1173/2022 tanggal 10 Mei 2022 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Provinsi Riau Tahun Pelajaran 2022/2023. Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

Jadwal Pelaksanaan

 

NoTanggalKegiatan
102 s.d 04 Juni 2022Pembentukan Panitia Pada Satuan Pendidikan
206 s.d 09 Juni 2022Sosialisasi Aplikasi PPDB
310 s.d 17 Juni 2022Sosialisasi ke Masyarakat
420 s.d 25 Juni 2022Pra Pendaftaran/ Upload Dokumen
527 Juni s.d 01 Juli 2022Pendaftaran/ Pemilihan Sekolah
627 Juni s.d 01 Juli 2022Verifikasi oleh Satuan Pendidikan
704 s.d 05 Juli 2022Seleksi Sesuai Kelompok Pendaftaran
806 Juli 2022Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru
907, 08, 11 Juli 2022Daftar Ulang Peserta Didik yang berhasil Lulus Seleksi Pendaftaran
1012 Juli 2022Persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
1113 s.d 15 Juli 2022Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
1218 Juli 2022Hari Pertama Masuk Sekolah dan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Ketentuan Pendaftaran

  1. Pendaftaran, Seleksi hingga Pengumuman Hasil Seleksi Calon Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022-2023 dilaksanakan secara Online Real Time melalui laman https://ppdb.riau.go.id/
  2. Proses penerimaan peserta didik baru dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu:
    • Pra Pendaftaran, yaitu tahap upload file dokumen persyaratan umum mulai dari tanggal 20 s.d 25 Juni 2022.
    • Tahap Pendaftaran, yaitu proses pemilihan sekolah dan kompetensi keahlian serta upload file dokumen persyaratan khusus sesuai kelompok mulai dari tanggal 27 Juni s.d 01 Juli 2022.
  3. Khusus untuk daerah beririsan dengan kabupaten/kota dan provinsi dapat melakukan pendaftaran pada sekolah diwilayah yang beririsan hanya untuk kelompok Reguler dan Kelompok Afirmasi. Daerah Irisan untuk SMKN 4 Pekanbaru adalah Kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu Kab. Kampar.
  4. Calon Peserta Didik SMKN dapat mendaftar;
    a. Pada 1 (satu) satuan pendidikan melalui Kelompok Tempatan, Kelompok Afirmasi, Kelompok Reguler dan Kelompok Perpindahan Orang Tua.
    b. Jika calon peserta didik keluar dari pemeringkatan Kelompok pilihan pertama maka di bolehkan kembali mendaftar di kelompok yang berbeda sebanyak 2 (dua) kali di sekolah yang sama dan atau di kelompok yang sama di sekolah berbeda.
    c. Calon peserta didik dapat memilih kompetensi keahlian yang ada pada satuan pendidikan SMKN tersebut maksimal 3 pilihan.
  5. Calon peserta didik yang sudah mendaftar/dalam ranking pada satuan pendidikan SMAN tidak dapat mendaftar di SMKN atau sebaliknya.
  6. Waktu pendaftaran dapat dilakukan secara daring selama 24 Jam sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
  7. Selama masih berada dalam pemeringkatan sistem, calon peserta didik tidak bisa mengundurkan diri.
  8. Verifikasi berkas pendaftaran dilakukan oleh satuan pendidikan.
  9. Ketentuan Seleksi Pendaftaran untuk SMKN
    1. Kelompok Tempatan adalah domisili calon peserta didik berada pada jarak terdekat dari sekolah sebanyak 10% (sepuluh persen) dari daya tampung satuan pendidikan.
    2. Kelompok Afirmasi adalah keluarga ekonomi tidak mampu dan atau peserta didik disabilitas yang berada dalam zonasi satuan pendidikan sebanyak 15% (lima belas persen) dari daya tampung satuan pendidikan.
    3. Kelompok Perpindahan Orang Tua calon peserta didik berasal dari TNI, ASN, POLRI, BUMN, BUMD dibuktikan dengan surat perpindahan orang tua. Dan anak guru, tenaga kependidikan baik PNS maupun non PNS hanya dapat memilih sekolah tempat tugas orang tuanya, yang dibuktikan dengan SK penugasan orang tua dan akte kelahiran dengan kuota total 5% (lima persen) dari daya tampung.
    4. Kelompok Reguler Sebanyak 70% (tujuh puluh persen) dari daya tampung satuan pendidikan. Kelompok Reguler bisa dilakukan pada Kab/Kota yang sama dengan satuan pendidikannya, bukan antar Kab/Kota dan atau Provinsi. Kelompok Reguler sebagaimana yang dimaksud meliputi:
      • Nilai Reguler Sekolah sebanyak kuota 50% (lima puluh persen) adalah nilai rapor peserta didik dari semester 1 s.d 5.
      • Prestasi Akademik dan Non Akademik sebanyak kuota 15% (lima belas persen) adalah hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik dan atau non akademik perorangan yang tertinggi tingkatannya. Hasil perlombaan/penghargaan Perorangan di bidang KSN, KOSN, FLS2N, KOPSI, Olahraga dibawah Induk Organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)/Kemdikbud dan Seni, baik pada tingkat Internasional, Nasional, Provinsi dan /atau Kabupaten/Kota.
      • Prestasi Hafiz Qur’an dengan kuota 5% (lima persen) dengan minimal hapalan 3 juzz.
  10.  Daya Tampung SMK Negeri 4 Pekanbaru ada 14 Rombel yakni :
    • Bisnis Konstruksi dan Properti : 1 Rombel
    • Teknik Komputer dan Jaringan : 3 Rombel
    • Desain Komunikasi Visual : 2 Rombel
    • Kriya Kreatif Batik dan Tekstil : 2 Rombel
    • Kriya Kreatif Kayu dan Rotan : 2 Rombel
    • Tata Busana : 2 Rombel
    • Akuntansi dan Keuangan Lembaga : 2 Rombel
  11. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2022-2023 Tidak di Pungut Biaya Apapun (GRATIS).

Informasi Kelompok

Pelajari semua jalur/kelompok pendaftaran yang tersedia pada PPDB tahun ajaran 2022/2023 Provinsi Riau. Informasi jalur/kelompok dapat membantu kamu dalam memilih jalur/kelompok yang tepat agar bisa diterima pada sekolah pilihan.

Jalur adalah penamaan yang digunakan untuk penerimaan peserta didik baru pada SMA. Sedangkan Kelompok digunakan untuk penerimaan peserta didik baru pada SMK.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum

Persyaratan yang digunakan untuk semua jalur pendaftaran, dapat dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran

1. Akte Kelahiran
Scan/Hasil Pindai Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir (Asli).
Akte kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2022 (Berjalan).

2. Ijazah/SKL/Surat Keterangan Berpenghargaan Sama Dengan Ijazah SMP
Scan/Hasil Pindai Ijazah/SKL/ Surat Keterangan Berpenghargaan Sama Dengan Ijazah SMP (Asli).

3. Kartu Keluarga / Surat Keterangan Domisili dikarenakan keadaan bencana
Scan/Hasil Pindai Kartu Keluarga (Asli) 
Kartu Keluarga paling singkat 1 tahun terakhir terhitung 31 Juli 2021. atau 
Surat Keterangan Domisili (hanya berlaku bagi) yang dikarenakan keadaan bencana dan konflik sosial.

4. Rapor Semester 1
Scan/Hasil Pindai Rapor Semester 1 (Asli) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dengan Cap Basah.

5. Rapor Semester 2
Scan/Hasil Pindai Rapor Semester 2 (Asli) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dengan Cap Basah.

6. Rapor Semester 3
Scan/Hasil Pindai Rapor Semester 3 (Asli) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dengan Cap Basah.

7. Rapor Semester 4
Scan/Hasil Pindai Rapor Semester 4 (Asli) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dengan Cap Basah.

8. Rapor Semester 5
Scan/Hasil Pindai Rapor Semester 5 (Asli) yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dengan Cap Basah.

9. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Materai 10.000
Scan/Hasil Pindai Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Materai 10.000 (Asli), download file suratnya klik disini

Persyaratan Tambahan Berdasarkan Kelompok yang dipilih

Tidak ada persyaratan khusus

Nilai :
Tidak ada persyaratan khusus

Akademik/Non-Akademik :
Scan/Hasil Pindai Piagam/Sertifikat/Penghargaan Akademik atau Non-Akademik (Asli)

Hafiz :
Scan/Hasil Pindai Sertifikat Hafiz (Asli)

Ekonomi Tidak Mampu / Disabilitas :
Scan/Hasil Pindai Surat Keterangan (Bukti Program Keluarga Tidak Mampu / Surat Keterangan Disabilitas dari Dokter) (Asli)

Scan/Hasil Pindai Surat Penugasan Orang Tua (Asli)

Tata Cara (Moda) Pendaftaran

  • Pra Pendaftaran (20 s.d 25 Juni 2022)
    1. Calon Peserta Didik Scan Dokumen Asli seluruh persyaratan, di scan dalam bentuk file PDF (*.pdf) dengan ukuran (size) maksimal masing-masing file 1 mb;
    2. Calon Peserta Didik mengunjungi situs https://ppdb.riau.go.id/
    3. Calon Peserta Didik Melakukan Registrasi Akun dengan menggunakan NPSN Sekolah Asal, NISN dan Tanggal Lahir Serta membuat Password  akun PPDB.
    4. Calon Peserta Melengkapi Biodata, Data Orang Tua dan Nilai Rapor dari Semester 1 s.d 5.
    5. Calon Peserta Didik Menentukkan titik lokasi rumah.
    6. Calon Peserta Didik Mengupload file scan dokumen asli Persyaratan Umum.
  • Pendaftaran (27 Juni s.d 01 Juli 2022)
    1. Calon Peserta Didik mengunjungi situs https://ppdb.riau.go.id/
    2. Calon Peserta Didik Login menggunakan Akun yang telah dibuat pada saat Pra Pendaftaran
    3. Calon Peserta Didik Memilih Sekolah dan Memilih Kompetensi Keahlian yang ada pada SMKN tersebut maksimal 3 pilihan.
    4. Calon Peserta Didik Mengupload file scan Dokumen Asli Persyaratan Tambahan Berdasarkan Kelompok.
    5. Calon Peserta Didik Menyimpan/ Mengunci pendaftaran dan mencetak bukti pendaftaran.
    6. Calon Peserta Didik Telah selesai melakukan pendaftaran, silahkan di cek secara berkala di Akun masing-masing pendaftaran untuk mengetahui status pendaftaran (Menunggu Verifikasi/ Revisi Verifikasi/ Dalam Perangkingan dll)
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran dan penggunan aplikasi silahkan tonton video tutorial berikut;

Video Tutorial PPDB Online TP. 2022 - 2023

Play Video
Play Video

Beberapa Pertanyaan yang Sering Di Ajukan

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2022-2023 Tidak di Pungut Biaya Apapun (GRATIS).

Batas usia calon peserta didik saat mendaftar paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2022 (Berjalan).

Bisa, bagi calon peserta didik yang rapor semester ganjil nya hanya di tanda tangani oleh wali kelas diperbolehkan.

Jika anda mengalami kendala sebagai berikut :

1. Lupa Password/reses Password (nomor kendala =1)
2. Login gagal/ belum Aktivasi Akun (nomor kendala =2)
3. Data tidak ditemukan (NPSN/NISN/tgl Lahir) (nomor kendala =3)
4. Data tidak benar (NPSN/NISN/tgl Lahir) (nomor kendala =4)

silahkan melengkapi data dan lampirkan file scan asli lalu kirim ke chat wa dibawah ini dengan format sebagai berikut :
Nama Siswa : (HURUF KAPITAL)
NPSN Sekolah asal : (8 digit angka)
NISN : (10 digit angka)
Tgl Lahir : (tgl-bulan-tahun)
No Kendala : (1/2/3/4)
Lampiran yang dikirim, nama file :
– namasiswa_nokendala_SKL
– namasiswa_nokendala_KK
– namasiswa_nokendala_Akta Kelahiran

CONTOH PENGISIAN DATA
Nama Siswa : KIARA HUMAIRA
NPSN Sekolah asal : 10403938
NISN : 0053229505
Tgl Lahir : 17-08-1945
No Kendala : 2
Lampiran file scan yang dikirim, nama file :
– KIARA HUMAIRA_2_SKL
– KIARA HUMAIRA_2_KK
– KIARA HUMAIRA_2_Akta Kelahiran

Daerah yang Irisan untuk SMKN 4 Pekanbaru adalah Kecamatan Tambang dan Kecamatan Siak Hulu Kab. Kampar. Calon Peserta Didik yang tinggal di daerah tersebut dapat mendaftar di SMKN 4 Pekanbaru dengan memilih Kelompok Reguler atau Kelompok Afirmasi.

Ya ! Tentu Saja Bisa dengan tetap memenuhi persyaratan pendafataran seperti scan file dokumen rapor dan lainnya.

NPSN Sekolah Asal dan NISN siswa bisa dilihat pada SKL, jika tidak ditemukan pada SKL, silahkan cek secara online pada laman web berikut :

NISN : DISINI 
NPSN : DISINI 

call-center-operator-flat-vector-icon-800x566

Layanan Informasi & Pengaduan

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi panitia PPDB SMK N 4 Pekanbaru dengan klik tombol berikut.

Scroll to top